KOMPETISI DEBAT HUKUM SMA/MA/SMK SEDERAJAT TINGKAT NASIONAL TAHUN 2023

Kediri, 24 Oktober 2023 Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri melaksanakan kegiatan Lomba Debat Hukum SMA Sederajat Tingkat Nasional. Kegiatan dengan  tema “Membangun Nalar Kritis Pemuda Guna Meningkatkan Kualitas Demokrasi Di Indonesia” bertujuan membangun nalar kritis pada pemuda yang merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan II Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Drs. H. Mahdil Mawahib, S.H, M. Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda. Dimana pemuda memiliki peran dalam mendukung dan mengawasi proses demokrasi dengan secara aktif. Dengan mengawasi proses ini, mereka dapat membantu memastikan transparansi, keadilan, dan integritas dalam pelaksanaan demokrasi di Indonesia.

Rangkaian kegiatan Lomba Debat Hukum Sma Sederajat Tingkat Nasional ini diawali dengan babak penyisihan yang dilakukan secara online. Kemudian Babak Semifinal, Perebutan Juara III dan Final dilakukan secara offline. Peserta yang dinyatakan lolos ke Babak Semi Final yakni MAN 1 Kediri, MAN 2 Nganjuk, MAN 2 Kota Kediri dan SMK PGRI 2 Kediri.

Dewan juri yang bertindak dalam Lomba Debat Hukum SMA Sederajat Tingkat Nasional yakni pertama M. Lutfi Rizal Farid, S.H., M.H., kedua, R. Maredian Agyl Jatikusuma, S.H., C.L.A, dan ketiga Choirul Munif, S.Ag., S.H., M.H. Dewan Juri tersebut berasal dari latar belakang Advokat dan akademisi.

Lomba yang juga dihadiri oleh guru pendamping dan juga suporter oleh masing-masing peserta sekolah ini menghasilkan keputusan :

  1. Juara I : MAN 1 Kediri
  2. Juara II : MAN 2 Kota Kediri
  3. Juara III : SMK PGRI 2 Kediri
  4. Juara Harapan I : MAN 2 Kota Kediri

Setelah penyerahan piala dan hadiah, kegiatan lomba kemudian ditutup oleh Wakil Dekan I Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Dr. Ulin Na’mah, M.HI, dengan memberikan apresiasi kepada peserta yang notabene masih duduk dibangku sekolah namun sudah memiliki perhatian dan pengetahuan mengenai hukum terkhusus tema yang berkaitan dengan demokrasi di Indonesia, kemudian mengajak untuk melanjutkan belajar tentang hukum di Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Terakhir menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta, guru pendamping dan suporter yang telah turut meramaikan Kegiatan Lomba Debat Hukum SMA Sederajat Tingkat Nasional Fakultas Syariah IAIN Kediri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *