Fakultas Syariah IAIN Kediri Kolaborasi Ujian Skripsi dengan UIN KHAS Jember

Perguruan tinggi merupakan salah satu lembaga Pendidikan yang mempunyai kewajiban untuk menggembleng para insan akademiknya menjadi insan yang berkemajuan. Upaya yang dilakukan salah satunya adalah melaluii kebijakan belajar merdeka. Yang kemudian diistilahkan dengan Kampus Merdeka merupakan program yang digemakan oleh Kemendikbud Nadiem Makariem. Dalam hal ini para civitas akademika diupayakan mampu menjadi civitas yang benar-benar merdeka. Mahasiswa dapat belajar dengan nyaman, dan memilih bidang berdasarkan dengan apa yang disukai.

Kolaborasi dosen pengajar dengan kampus lain merupakan salah satu bentuk penerapan kampus merdeka. Kolaborasi ini bertujuan untuk saling bertukar informasi keilmuan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Fakultas Syariah IAIN Kediri yang berkolaborasi dengan Fakultas Syariah UIN KH. Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember dalam hal ujian skripsi mahasiswa. Dimana beberapa penguji pada ujian skripsi mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kediri berasal dari kampus UIN KHAS.

Ujian skripsi ini dilaksanakan pada senin, 14 Juni 2021 via media online (google meet, zoom meeting, dan Video Call Whatsapp). Kolaborasi ini merupakan tindaklanjut dari kerjasama yang dilakukan oleh kampus Fakultas Syariah IAIN Kediri dengan UIN KHAS Jember pada akhir tahun 2020 lalu.

Sejumlah dosen dari UIN KHAS yang menjadi penguji di Fakultas Syariah IAIN Kediri diantaranya Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. (Guru Besar UIN KHAS),  Dr. Martoyo, S.H.I., MH. (dosen UIN KHAS), Dr. Sri Lumatus  Sa’adah, M.H.I. (dosen UIN KHAS),  Dr. A. Junaidi, M.Ag. (dosen UIN KHAS),  Dr. Busriyanti, M.Ag. (dosen UIN KHAS), dan Dr. Abdul Wahab, M.H.I. (dosen UIN KHAS).

Kolaborasi dosen penguji tersebut merupakan salah satu kegiatan yang menyongsong kampus merdeka yang sudah digemakan oleh Menteri Kemendikbud Nadiem Makareim. Kolaborasi ini dilakukan karena mengacu pada ide yang digulirkan pada saat pertemuan Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum. Walau  sebenarnya ide dan gagasan kolaborasi ini untuk ujian disertasi. Namun tidak ada salahnya juga diterapkan ke ujian skripsi.

Kolaborasi ini disambut hangat oleh para civitas akademik. Lebih-lebih oleh mahasiswa yang diuji. Karena merupakan suatu kehormatan tersendiri bisa diuji oleh dosen dari kampus lain. Dan bisa mendapatkan keilmuan-keilmuan baru dari dosen-dosen tersebut. (ZR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *