FGD Redesain Kurikulum Prodi HKI dan Prodi HES bersama Notaris, Pengadilan Agama Kota Kediri, dan KEMENAG Kota Kediri

Fakultas Syariah melalui Prodi HKI dan Prodi HES, mengadakan kegiatan redesain kurikulum selama dua hari, Senin-Selasa 29-30 November yang diselenggarakan di ruang Sidang Fasya. FGD (Focus Group Discussion) yang diselenggarakan Fakultas Syariah merupakan rangkaian acara dari kegiatan penyusunan dokumen kurikulum Fakultas Syariah.

Dok. Kegiatan

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Syariah, dalam sambutannya beliau menjelaskan tujuan atas diselenggarakannya kegiatan redesain ini. Kemudian dilanjut sambutan dari Wakil Dekan I, beliau menjelaskan kebijakan dan persiapan Fakultas Syariah dalam menyelenggarakan pembelajaran MBKM yang akan diterapkan mulai tahun ajaran 2022.

Pada saat sesi kegiatan penyampaian feedback pelaksanaan PPL mahasiswa Fakultas Syariah di Peradilan Agama Kota Kediri, di Kemenag Kota Kediri, dan Notaris  diawali sambutan dari Bapak Drs. H. Masngaril Kirom, M.HES. (selaku Ketua PA Kota Kediri) menyampaikan bahwa PA Kota Kediri siap menjalin mitra Kerjasama dengan Fakultas Syariah, terutama dalam mendukung pelaksanaan program magang II mahasiswa Prodi HKI dan HES di PA Kota Kediri. Beliau juga memberikan usulan terhadap pemetaan mata kuliah di Prodi HKI yang sesuai dengan profil lulusan.

Dok. Kegiatan

FGD berlanjut serius dan komunikatif, sebagaimana pada saat perwakilan Kemenag Kota Kediri yang diwakili oleh Ibu Emi Rosyidah, MPd.I., pada saat menyampaikan feedback-nya terkait peluang besar bagi lulusan Fakultas Syariah untuk berprofesi sebagai Penghulu. Selain itu, beliau juga mengusulkan mengenai waktu pelaksanaan Magang II mahasiswa Fasya di KUA agar dibuat lebih lama dari pelaksanaan yang sudah ada, karena bagi beliau dengan waktu magang lebih dari 1 minggu akan menjadikan mahasiswa lebih memperdalam kompetensi lulusan Prodi HKI di bidang KUA.

Narasumber terakhir FGD bersama perwakilan Notaris di Kota Kediri, Nurul Afifi, SH., MKn., beliau dalam paparannya menjelaskan perlu kiranya dalam Prodi HES terdapat matakuliah Hukum Jaminan dan Hukum Adat yang bersinggungan dengan kajian tentang hukum agraria.

Adapun harapan dari Fakultas Syariah dengan adanya FGD redesain kurikulum ini, Fasya bisa menjalin mitra Kerjasama dengan PA Kota Kediri, Kemenag Kota Kediri , dan Notaris  dengan baik, bisa berafiliasi bersama dalam memberikan pembelajaran praktik hukum kepada mahasiswa, serta memberikan masukan dalam merumuskan pementaan matakuliah yang sesuai dengan profil lulusan Prodi HKI dan Prodi HES. (MBS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.