Kunjungan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang Ke Fakultas Syariah IAIN Kediri

Dok. Kunjungan

Rabu, 17 November 2021

Fakultas Syariah IAIN Kediri mendapat kunjungan dari Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Walisongo Semarang pada Rabu, 17 November 2021. Kunjungan itu bertujuan untuk mensosialisasikan Program Studi S2 Ilmu Falak di FSH UIN Walisongo Semarang. Karena sebagaimana diketahui, Fakultas Syariah yang mencetak mahasiswa menjadi calon-calon hakim agama berkewajiban membekali pengetahuan dan atau keahlian dalam bidang Falak. Oleh karena itu, keterampilan menghitung arah kiblat, awal waktu shalat hingga pemahaman terkait teori dan praktik hisab dan rukyah awal bulan qomariah menjadi komponen yang diajarkan dalam mata kuliah Ilmu Falak bagi mahasiswa Prodi. HKI di IAIN Kediri.

Kunjungan dari FSH UIN Walisongo Semarang, khususnya prodi. S2 Ilmu Falak, dalam rangka memperkenalkan pada mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kediri tentang prodi yang berfokus pada keilmuan Falak di FSH UIN Walisongo Semarang, dan Prodi ini menjadi satu-satunya prodi. yang berkonsentrasi pada Ilmu Falak pada Strata dua dari ragam Perguruan Tinggi Islam yang ada di Indonesia. Pada pertemuan ini, pihak UIN Walisongo diwakili oleh  Dr. Mahsun, M.Ag selaku Kaprodi. S2 Ilmu Falak yang didampingi oleh Dr. Ahmad Adib Rofiuddin, M.S.I selaku dosen muda Ilmu Falak. Sedangkan dari Fakultas Syariah sendiri disambut oleh Dr. H. Khamim, M.Ag selaku dekan, Drs. H. Mahdil Mawahib, M.Ag, Dr. Muhammad Muhaimin, M.Ag dan para kaprodi, sekprodi dan dosen-dosen dari HKI, HES dan HTN.

Acara sosialisasi diikuti oleh mahasiswa Prodi. HKI yang sedang berkuliah secara offline dan berada di seputaran kampus. Hal ini dikarenakan meski pembelajaran tatap muka telah dilaksanakan secara terbatas, namun pandemi masih belum berlalu, sehingga kegiatan tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.   

Kunjungan sosialisasi ini selain untuk mengenalkan program S2 Ilmu Falak pada mahasiswa, diharapkan juga menjadi pembuka pintu silaturrahim antara Fakultas Syariah IAIN Kediri dengan FSH UI Walisongo Semarang. Sehingga selanjutnya kerjasama yang lebih intens antara Fakultas Syariah IAIN Kediri dengan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang, diharapkan tidak saja dalam pendidikan dan pengajaran, namun juga terkait penelitian dan pengabdian sebagai wujud dari tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi. (Mut.21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *