Profil Ahwal Al-Syakhshiyah

A. Sejarah Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah

Program studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah berdiri dengan ijin dari Dirjen Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI nomor Dj.II/23/2004 tanggal Maret 2004. Ijin pendirian dan SK program studi tersebut saat ini telah diperbaharui dengan surat keputusan nomer Dj.I/632/2011.

Pada perkembangan berikutnya melalui kerjasama dengan beberapa pesantren yang ada di wilayah karasidenan Kediri, mulai tahun 2007/2008 Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah menerima mahasiswa program peningkatan kualifikasi santri tamatan pondok pesantren ke jenjang S-1 (Program Akselerasi). Namun program ini mulai pada tahun 2014 ditutup.

 

B. Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah

Mengacu pada visi dan misi fakultas Syariah, maka program studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah adalah unggul terdepan dalam pengembangan dan penera[an Hukum Perdata Islam. Sedangkan misi yang ingin dicapai adalah:

  1. Mengembnagkan pendidikan dan pengajaran Hukum Perdata Islam Berwawasan global dan ke-Indonesiaan.
  2. Membudayakan penelitain di bidang Hukum Perdata Islam secara multidisipliner yang bermanfaat bagi kepentingan akademik dan masyarakat.
  3. Meningkatkan peran serta dalam penerapan Hukum Perdata Islam bagi terwujudnya masyarakat yang adil dan beradab.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksanaan Tridharma Perguruan tinggi di bidang Hukum Perdata Islam.

 

C. Tujuan Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah

Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau professional dalam bidang ilmu Syari’ah khususnya Al-Ahwal Al-Syakhshiyah, sehingga dapat mengembangkan dan menyebarluaskan serta mengupayakan penggunaan dan pelaksanaannya dalam masyarakat.

Saat ini program studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah telah terakreditasi dengan pringkat B berdasarkan Keputusan BAN PT nomor: 2049/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016. Lulusan program studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah berhak atas gelar akademik Sarjana Hukum (S.H.)