FGD Penyusunan Roadmap Kolaboratif antara Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Kediri dengan Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura

Pada Hari Rabu, Tanggal 25 Oktober 2022, Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Kediri menggelar pertemuan yang kedua dengan Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura dalam rangka : FGD Penyusunan Roadmap Kolaboratif antara Fakultas Syariah IAIN Kediri dengan Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura. Hal ini dilakukan guna mematangkan arah penelitian antara keduanya, serta merealisasikan MOU dan PKS dengan pihak Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura. Kegiatan dimulai pada pukul 13.00 tersebut dilaksanakan di Laboratorium Hukum Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Kediri.

Narasumber yang diundang pada Kegiatan tersebut adalah Asesor BAN PT sekaligus dosen dari Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta: Dr. Abdul Mujib, M.Ag. Materi yang disampaikan adalah mengenai Review penyusunan roadmap penelitian kolaboratif antara Fakultas Syariah IAIN Kediri dengan Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Keislaman Universitas Madura: Shofiyun Nahidloh, S.Ag., M.H.I. beserta jajaranya. Kehadiran rombongan dari Universitas Trunojoyo Madura disambut langsung oleh Dekan Fakultas Syariah IAIN Kediri: Dr. Khamim M.Ag. Mengawali kegiatan, Dekan Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura memberikan sambutan dimana beliau menyampaikan keinginan rektor Universitas Trunojoyo Madura tentang pengembangan penelitian agar dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa fokus dari penyusunan roadmap ini adalah difokuskan pada riset pesantren, pariwisata halal, industry halal dan zakat wakaf.

Sambutan kedua disampaikan oleh Wakil Rektor 2 Institut Agama Islam Negeri Kediri sekaligus sebagai pembuka dalam acara ini: Dr. Muhammad Muhaimin, M.Ag. dalam sambutanya beliau mengatakan ini suatu pertemuan antar akademisi secara langsung bukan hanya sebagai asosiasi profesi saja, selanjutnya kegiatan ini bertujuan untuk merealisasikan MOU dan PKS dengan pihak Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura, lebih dalam lagi penelitian kolaboratif ini sangat mendukung dalam menyongsong peralihan status menjadi UIN Syekh Al Wasil Syamsudin Kediri, selain itu beliau juga menyampaikan kontribusi penelitian ini berbasis pada kepentingan masyarakat.

Dari penjelasan Narasumber dapat diambil benang merah, penelitian kolaboratif dapat mengambil tema green society, hukum islam, keadilan dan kesejahteraan, lebih lanjut Roadmap harus dilengkapi dengan mileston yang bertujuan agar bia dievaluasi terkait dengan output serta mengenai membiayaan dan publikasinya, menurut Narasumber untuk tahun pertama penelitian ini diharapkan focus terhadap penelitian dasar.

Setelah penyampaian Review dari Narasumber selesai, akhirnya Dokumen penelitian kolaboratif telah disepakati dan ditandatangani oleh masing-masing koordinator secara resmi dihadapan Asesor BAN PT, sebagai koordinator penelitian kolaboratif dari Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Kediri : Mohammad Fajar Sidiq Widodo, M.H. dan dari Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura : Dahruji, S.E., M.EI. */anr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *