Prodi HKI IAIN Kediri Menghadiri Musyawarah Kerja Nasional APHKI di UNISBA

Mukernas Asosiasi Program Studi Hukum Keluarga Indonesia (APHKI) tahun ini di selenggarakan di Universitas Islam Bandung (UNISBA) mulai tanggal 23-25 Juli 2024. Kegiatan Mukernas yang dikonsep dalam agenda akbar yang berjudul “Halal Fair 2024”, direalisasikan dalam seminar internasional, pengabdian Masyarakat nasional, serta yang paling penting dalam Mukernas juga menyelenggarakan kegiatan penyusunan kurikulum OBE khusus Prodi Hukum Keluarga Islam.

Pada Mukernas APHKI tahun ini, dari Fakultas Syariah IAIN Kediri diwakili oleh Dr. Khamim, M.Ag. selaku Dekan dan Kaprodi HKI Dr. H. Abdullah Taufik, MH beserta sekretaris prodinya.

Hari pertama, kegiatan di awali dengan seminar internasional secara daring yang mengundang dua narasumber dari luar negeri, Prof. Dr. Ayappurackal Muhammed Shihab MES Kalladi College, India. Mengusung judul penelitian “Ethical Halal Business Practices: Building Strong Institutions”. Serta Dr. Asharaf Mohammed Ramli The Faculty of Economics and Muamalat, Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), Malaysia, yang mengusung judul penelitian “The Role of Islamic Social Finance in Supporting Halal Lifestyles and Alleviating Hunger”. Serta ada dua narasumber nasional dari Unisba.

Pada sore harinya, dilanjutkan kegiatan Workshop Kurikulum OBE Prodi Hukum Keluarga Islam yang menghadirkan narasumber Dr. Hj. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si. dari Unpad. Beliau mengupas tuntas kerangka penyusunan kurikulum OBE, mulai dari filosofi OBE, merumuskan profil lulusan, OPE, CPL, dan bahan ajar mata kuliah.

Sedangkan agenda Mukernas APHKI sendiri di mulai malam harinya, yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum APHKI, Hj. Erik Sabti Rahmawati.,M.A.,M.Ag. dalam Mukernas beliau menyampaikan bahwa APHKI siap menjadi asosiasi yang mendampingi prodi-prodi hukum keluarga yang ada di setiap perguruan tinggi dalam menyelenggarakan tri dharna perguruan tinggi. Hal ini diinisiasi oleh APHKI melalui pembentukan berbagai divisi keorganisasian APHKI.

Hari kedua, kegiatan dimulai dengan “Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Nasional, dengan Tema Implementasi Sertifikasi Halal Dan Pengembangan Produk Halal Berbasis Riset Akademi”, yang bertempat di aula Unisba. Dengan menghadirkan para ahli di bidangnya. PKM ini dilaksanakan dengan dasar betapa pentingnya peran perguruan tinggi dalam menyosialisasikan dan memfasilitasi sertifikat halal di Masyarakat secara luas.

Kemudian kegiata dilanjutkan dengan tajuk melanjutkan workshop penyusunan kurikulum OBE prodi HKI, yang dipimpin langsung oleh Ibu Ketua Umum APHKI. Pada sesi ini, seluruh pengelola prodi HKI yang tergabung dalam APHKI diminta untuk mempresentasikan profil lulusan, OPE, dan CPL yang sudah ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Hari ketiga, kegiatan diawali dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Unisba dengan seluruh pengelola prodi HKI yang tergabung dalam APHKI. Kemudian dilanjutkan kegiatan penutupan Mukernas yang diakhiri dengan penetapan tempat pelaksanaan Mukernas APHKI 2025. Dari hasil musyawarah, diputuskan ada beberapa daerah yang mengajukan kesediannya menjadi pelaksana Mukernas diantaranya; 1. Bangka Belitung 2. Makassar 3. Kendari 4. Banjarmasin 5. Banda Aceh. Keputuan final pelaksana Munas 2025 akan dilanjutkan dalam rapat yang akan diselenggarakan secara daring pada bulan depan.

Demikian, rangkaian narasi kegiatan Mukernas APHKI 2024 yang terselenggara begitu sukses dan berkesan. Harapan besar dari keikutsertaan Prodi HKI IAIN Kediri pada Mukernas APHKI 2024 ini, menghasilkan kebermanfaatan dalam mengelola prodi HKI agar menjadi prodi yang unggul, berkemajuan, dan mampu berdaya saing dengan prodi-prodi lainnya.

Salam hormat, untuk panitia Mukernas APHKI 2024, civitas akademika Fakultas Syariah Unisba, yang telah menyelenggarakan Mukernas begitu bermanfaat dan berkesan. Terima kasih sudah diajak jalan-jalan menikmati kemetropolitannya Kota Bandung. Kami tunggu silaturahminya bertandang ke Fakultas Syariah, IAIN Kediri.