Asesmen Lapangan Program Studi Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Syariah IAIN Kediri

Program studi Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Syariah IAIN Kediri pada hari Selasa, Rabu dan Kamis, (30 Juli – 1 Agustus 2024) dilakukan Asesmen Lapangan (AL) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tim asesor dari BAN-PT yang bertugas melakukan penilaian terdiri dari Prof. Ija Suntana (UIN Sunan Gunung Djati Bandung) dan Nurul Irfan (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Kedua asesor melakukan verifikasi terhadap seluruh dokumen yang telah disiapkan oleh prodi, serta melakukan wawancara dengan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, serta calon pengguna lulusan.

Dalam sambutannya sebagai Dekan, Dr. Khamim menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada para asesor yang hari ini ditugaskan oleh BAN-PT untuk asesmen lapangan ke Prodi HTN Fakultas Syariah. Khamim juga menyampaikan kesiapannya melaksanakan AL dua hari kedepan. “Izinkan kami menyampaikan selamat datang dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran Bapak asesor, kami siap untuk melaksanakan asesmen lapangan dengan segala kemampuan, upaya yang ada pada kami. Insyallah kami akan menyampaikan data-data dan informasi maupun yang lainnya sesuai dengan ketentuan dan sesuai dengan standar yang ada. Kami sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik, semoga prodi HTN dapat memberikan sumbangsih terhadap akreditasi Institut.

Rektor IAIN Kediri, Wahidul Anam mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kasubdit Akademik DIKTIS Kemenag RI serta para asesor yang telah hadir di IAIN Kediri. Secara khusus, Wahidul Anam memohon arahan untuk peningkatan kualitas program studi Hukum Tata Negara yang merupakan prodi baru ini

Hadir pula pada sesi pembukaan kegiatan akreditasi lapangan ini Kasubdit Akademik Diktis Kemenag RI, Lukman Nugraha. Beliau menyampaikan bahwa kehadirannya secara khusus merupakan penugasan dari Direktur DIKTIS Kemenag RI untuk mendampingi serta melihat dari sisi penguatan program studi.

“Atas nama Direktorat PTKI, kami mengucapkan selamat, mudah-mudahan sekali lagi, dari proses yang berkaitan dengan peningkatan kualitas mutu dari aspek eksternalnya, dengan ditugaskannya kedua asesor oleh Ban-PT, menjadikan sebuah tolak ukur sekali lagi dalam hal persiapan kita dari transformasi institut menuju universitas,” tuturnya.

Pada sesi penutupan asesmen lapangan, Bapak Prof. Ija Suntana menyampaikan adanya potensi yang besar dari mahasiswa Prodi HTN. “Dari aspek kemahasiswaaan, saya lihat potensi mahasiswanya sangat besar. Kemarin para calon mitra pengguna lulusan (stakeholders) mengatakan bahwa alumni prodi HTN akan cepat beradaptasi ketika ditempatkan di lembaga-lembaga negara, seperti PTUN, BAWASLU, Pemda, dan lain-lain”, ujarnya.

Kemudian Bapak Prof. Ija Suntana turut menambahkan, guna mencapai visi internasional diperlukan pemikiran dan tindakan yang sesuai dengan standar internasional. “Saya menggaris bawahi tentang visi untuk mencapai daya saing internasional perlu dibuat roadmap yang secara konsisten dan tahapan apa saja yang akan dilakukan selanjutnya yang sesuai dengan standar internasional, meski hal ini mudah untuk diucapkan namun susah untuk dilaksanakan”, imbuhnya

Sumber            : Fakultas Syariah IAIN Kediri

Penulis             : Abdulloh Munir