Kelompok 10 Mahasiswa Prodi HKI Menjalani Magang 1 PKH pada Kantor Advokat Choirul Munif 

Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri Kediri menggelar program magang 1 Praktik Kekaryaan Hukum (PKH) selama satu bulan sejak Selasa, 10 Januari s/d Jumat, 10 Febuari 2023 pada kantor advokat yang telah ditentukan. Magang 1 PKH ini sendiri diikuti oleh seluruh Mahasiswa semester 5 Fakultas Syari’ah, yang meliputi Mahasiswa Hukum Keuarga Islam (HKI), dan Hukum Ekonomi Syari’ah (HES) angkatan 2020.

Kegiatan Magang I PKH ini merupakan salah satu tahapan yang wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa Fakultas Syari’ah IAIN Kediri. Dimana lokasi magangnya bertempat di kantor Advokat yang bermitra dengan Fakultas Syariah IAIN Kediri. Magang I PKH ini sendiri terbagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 7 anggota yang setiap kelompoknya diawasi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang telah ditunjuk oleh Fakultas Syari’ah.

Salah satunya adalah kelompok 10 yang terdiri dari 7 peserta magang yakni: Muhammad Novaryan Azfie Ramadhani; Ulfi Zahroul Fatimah; Moh. Abdul Azis; Ria Dhotul Li’umah; Laila nur aini; Ahmad Ghazali; dan Tini Anggraeni. Dengan DPL Muhammad Fajar Sidiq Widodo, S.H., M.H. Advokat yang menjadi tujuan magang adalah kantor Advokat Choirul Munif, S.H., M.H.

Selama satu bulan pelaksanaan Magang setiap peserta disibukan dengan tugas dari kantor Advokat masing-masing. Seperti praktek menjalankan e-court, simulasi peradilan semu, membuat surat kuasa, surat gugat rekonvensi, replik, duplik dalam perkara cerai talak maupun gugat, perbuatan melanggar hukum, wanprestasi dan lain sebagainya. Kegiatan Magang ini menuntut peserta untuk lebih aktif berpraktek di kantor Advokat masing-masing. Tidak hanya itu Mahasiswa peserta magang juga diajak untuk mengikuti proses sidang di beberapa pengadilan, seperti Pengadilan Agama maupun Negeri yang ada di Kediri dan Blitar.

Sampai dengan penutupan, kegiatan magang berjalan dengan baik. Penutupan dilaksanakan dengan khidmat. Pesan dari Advokat agar supaya terus belajar dan berlatih untuk meningkatkan kemampuan agar menjadi seorang advokat yang handal. Di akhir sesi, ditutup dengan kegiatan ramah tamah.

Penulis: Ulfi Zahroul Fatimah

Editor: Fajar