Perwakilan Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kediri Mengikuti Kegiatan Short Term Outbound Programme Universiti Malaya di Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Selasa tanggal 5 Desember 2023, Dekan Fakultas Syariah IAIN Kediri bersama Kaprodi. HKI, Dr. H. Abdullah Taufik, SH. MH. dan dosen HKI, Dr. Ahmad Wahidi bisa mendampingi dua mahasiswi HKI mengikuti kegiatan Short Term Outbound Programme Universiti Malaya di Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dua mahasiswi semester 5 yang terseleksi sebagai peserta adalah Rita Ayu Tri Hardiningrum Prodi (HKI) dan Nia Safirunnas Prodi (HKI).

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antara Fakultas Syariah UIN Maliki dengan Pengajian Islam Jabatan Syariah dan Kanun Universitas Malaya Malaysia. Agenda kegiatan hari ini adalah kuliah Internasional bersama mahasiswa Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, selain juga mahasiswa dari perguruan tinggi yang lain, termasuk IAIN Kediri. Mulai jam 08.00 sampai jam 15.00 mahasiswa mengikuti materi kuliah tentang hukum pidana ekonomi dan Ushul fiqh perbandingan, selain juga tentang student activity.

Kesan menarik dari mahasiswa peserta kegiatan ini adalah adanya suasana yang baru dalam belajar, terutama ketika bersama mahasiswa luar negeri. Harapannya ke depan, kegiatan serupa bisa dilaksanakan dalam skala yang lebih besar dan lebih luas, terutama di Asea.

Pada kesempatan itu juga, kami mendapat kesempatan zoom meeting dengan Dr. Aisyah, salah seorang dosen pengawal mahasiswa UM yang sedang kuliah bersama secara internasional di UIN Malang. Di antara hasil meeting zoom adalah kesediaan pihak UM untuk menerima kerjasama pengembangan Tridharma perguruan tinggi, yang insyaallah akan ditindaklanjuti pada bulan Februari tahun 2024.