Benchmarking Manajemen Pegelolaan UPPS dan Akreditasi Prodi Dengan Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Fakultas Syariah IAIN Kediri Selasa, 11 Desember 2022 telah melakukan kunjungan kampus di Fakultas Syariah UIN Maliki Ibrahim dalam rangka melakukan “Benchmarking Manajemen Pegelolaan UPPS dan Akreditasi Prodi”.

Setibanya rombongan Fasya di kampus yang memiliki julukan “Kampus Ulul Albab”, mendapatkan sambutan penuh kekeluargaan dari Bapak Dekan Dr. Sudirman, M.A. dan juga Ibu Wakil Dekan Dr. Hj. Erfaniah Zuhriah, M.H.

Kemudian acara seremonial dimulai dari sambutan Bapak Dr. Sudirman, yang memaparkan tentang profil fakultas dan 4 program studi yang diantaranya sudah memiliki akreditasi unggul. Beliau juga memaparkan dan memberikan saran kepada pengelola prodi Fasya IAIN Kediri, tentang apa yang harus dilakukan pengelola prodi agar memperoleh akreditasi unggul.

Dilanjutkan sambutan kedua, dari Bapak Dr. Khamim, M.Ag dengan diawali memperkenalkan profil jajaran pengelola. Beliau juga mengulas distingsi kepesantrenan dan potensi yang ada di Fasya IAIN Kediri, agar mampu mempersiapkan diri Ketika sudah berstatus UIN dan mampu bersaing dengan fakultas syariah lainnya dalam bidang kelembagaan, Kerjasama internasional, lulusan yang bekerja sesuai keilmuannya serta tentang penerimaan mahasiswa baru.

Apa yang disampaikan Bapak Dr. Khamim dalam sambutannya, kemudian direspon langsung oleh Ibu Dr. Hj. Erfaniah Zuhriah, M.H dengan memaparkan materi manajamen dan kebijakan-kebijakan yang ada di Fakultas Syariah UIN Maliki Ibrahim yang sudah berbasis online dan website. Mulai dari penggunaan dan menu yang ada di SIAKAD, permohonan surat mahasiswa dan dosen, e learning, dan jurnal mahasiswa. Serta sudah memiliki unit pelayanan mahasiswa dan dosen, seperti Unit Penjaminan Mutu, Unit Konsultasi & Bantuan Hukum, Unit Falak, Unit Pengembangan Bakat Mahasiswa, dan pelayanan lainnya.

Acara benchmarking ditutup dengan sesi tanya jawab dan makan siang Bersama. Dilanjutkan acara kunjungan ke ruang unit-unit penunjang Fakultas Syariah UIN Maliki Ibrahim serta foto Bersama.

Besar harapan dari pengelola Fasya IAIN Kediri, dari kegiatan Benchmarking Manajemen Pegelolaan UPPS dan Akreditasi Prodi di Fakultas Syariah UIN Maliki Ibrahim ini, mendapatkan pengalaman bermanfaat yang bisa diimplementasikan serta dapat menjalin Kerjasama dengan baik dalam bidang kelembagaan dan tridharma perguruan tinggi. (MBS)