PPL Mahasiswa Prodi HKI Fakultas Syariah di KUA Kecamatan Wates

Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, melaksanakan Magang 2 berupa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di lingkungan Kabupaten dan Kota Kediri. PPL di KUA ini diikuti khusus mahasiswa Prodi HKI, sebagai bentuk penguatan terkait Ilmu Kepenghuluan, setelah sebelumnya mereka melaksanakan Praktik Peradilan di Pengadilan Agama (PA) dan Pengadilan Negeri (PN).

KUA Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, merupakan salah satu tempat PPL bagi mahasiswa Prodi HKI Fakultas Syariah IAIN Kediri. Sebanyak 9 mahasiswa melaksanakan PPL di KUA tersebut, dengan diterima dan dibimbing langsung oleh Kepala KUA Kec. Wates (Bapak M. Fauzan, S.Ag.). Magang ini berlangsung selama 2 minggu, pembukaan pada tanggal 09-01-2023 dan penutupan tanggal 20-01-2023, dengan didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (Mochammad Agus Rachmatulloh).

Selama praktik di KUA, para mahasiswa memperoleh banyak ilmu dan pengalaman yang belum tentu mereka dapatkan ketika berada dibangku perkuliahan, antara lain: pembinaan dengan pembuatan sabun cuci piring sebagai upaya pemberdayaan ekonomi umat, oleh penyuluh agama Kec. Wates dan Ngancar; ikut melakukan verifikasi biodata nikah dan menyaksikan secara langsung pelaksanaan aqad nikah; pengukuran kalibrasi arah kiblat; serta kegiatan-kegiatan lainnya berdasarkan tugas dan fungsi KUA.

Dalam akhir magang, Kepala KUA Kec. Wates selaku Dosen Pamong berpesan kepada para mahasiswa, agar belajar yang rajin dan selalu mengembangkan keilmuan yang dimiliki. Serta mendoakan, agar mereka cepat menyelesaikan studi Strata-1 dengan hasil yang memuaskan dan mendapat ilmu yang manfaat barokah. (*mar)