Pusat Studi Falak Fakultas Syariah IAIN Kediri Ikuti Rukyatul Hilal Ramadhan 1444 H.

Pusat Studi Falak Fakultas Syariah IAIN Kediri memberangkatkan rombongan dalam pelaksanaan Rukyatul Hilal awal Ramadlan 1444 H di Balai Rukyah Bukit Condrodipo Gresik pada Hari Rabu, 22 Maret 2023 yang bertepatan dengan 29 Sya’ban 1444 H. Rombongan ini terdiri dari dosen-dosen pengampu mata kuliah Falak sekaligus pengurus Pusat Studi Falak, yakni H. Qomarus Zaman, Lc., M.Pd.I, Dr. H. Husnul Yaqin,S.H, M.H, Hisbullah Hadziq, S.HI, M.Pd.I, dan Muthi’ah Hijriyati, M.Th.I, M.S.I dan delapan mahasiswa yang tergabung aktif dalam Pusat Studi Falak.

Mahasiswa yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah berasal dari Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) yang telah melaksanakan mata kuliah Ilmu Falak 1, Ilmu Falak 2 dan Aplikasi hisab rukyah. Artinya kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk penguatan materi keilmuan Falak yang sebelumnya didapatkan secara teoritis di kelas perkuliahan. Terlebih dalam mengikuti proses rukyah, para mahasiswa dapat menyimak penjelasan dari Bapak Ikhwanuddin selaku bagian dari pengurus LFNU Gresik. Para mahasiswa pun diperkenankan untuk menyaksikan secara langsung alat-alat yang digunakan untuk rukyah, memahami fungsi dan cara mengoperasikannya. Mulai dari teleskop dengan ragam yang berbeda, theodolite dan gawang lokasi. Dalam penjelasannya, Bapak Ikhwanuddin menuturkan bahwa praktisi rukyah tidak semata-mata memiliki keterampilan “melihat” hilal saja, namun juga harus memahami hasil perhitungan dengan ragam metode yang berbeda. Karena hasil hisab menjadi acuan data terkait waktu ijtima’, azimuth Bulan dan Matahari, ketinggian, elongasi, umur Bulan, jam terbenam dan sebagainya. Dan di atas kertas, hasil hisab menunjukkan bahwa tinggi hilal secara hakiki ataupun mar’i cukup tinggi dan berpotensi terlihat saat dirukyah pada tanggal 29 Sya’ban tersebut.

Oleh karena itu, Balai Rukyah Condrodipo dipilih oleh Pusat Studi Falak Fakultas Syariah IAIN Kediri dengan harapan akan memberikan pengalaman berhasil melihat hilal bagi para mahasiswa. Mengingat tempat tersebut merupakan salah satu lokasi Rukyatul Hilal yang memenuhi standar dan dijadikan acuan secara nasional. Terbukti terdapat empat perukyah yang menyaksikan hilal pada saat setelah matahari tenggelam, di antaranya adalah H. Ikhwanuddin yang sebelumnya berkenan membimbing dan menjelaskan proses rukyah terhadap para mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kediri.

Setelah dilaksanakan pengambilan sumpah dan sidang itsbat, maka 1 Ramadhan 1444 H diputuskan jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023. Dengan keterlibatan mahasiswa dalam pelaksanaan Rukyatul Hilal, diharapkan Pusat Studi Falak Fakultas Syariah mampu berperan aktif dalam pengembangan dan pelaksanaan kegiatan di bidang keilmuan Falak. (@ratna)