MONEV MBKM Fakultas Syariah dengan Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura

Kamis (14 Desember 2023) Pengolala Fasya IAIN Kediri melakukan kunjungan kampus ke Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura. Kunjungan yang dilakukan dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan MBKM selama perkuliahan semester gasal.

Monev yang dikemas dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD), dibuka oleh sambutan penerimaan dari Ibu Dekan Fakultas Keislaman dan dilanjutkan sambutan dari Dekan Fakultas Syariah IAIN Kediri.

Adapun kegiatan Monev diawali dari laporan yang disampaikan oleh Kaprodi HES Fasya. Poin penting laporan diantaranya tentang Pengajian dengan sistem Weton, bukan sorogan; Mahasiswa aktif di kelas dan bahkan bergabung dengan group anak2 Madura di IAIN Kediri; Kurikulum HES IAIN Kediri belum support untuk MBKM, karena bangunan keilmuan HES belum utuh, sehingga mahasiswa harus mengambil mata kuliah pada semester yang berbeda; Tawaran untuk pertukaran mahasiswa ke FKIS 1.

Kemudian laporan monev yang disampaikan oleh Kaprodi HES Fasya, mendapatkan tanggapan dari Wadek I FKIS UTM, diantaranya tentang Respon mahasiswa FKIS UTM terkait kuliah di Fasya Kediri, semua terjawab; Redesain kurikulum HES IAIN Kediri, bisa dibantu oleh FKIS UTM; Kurikulum MBKM sangat perlu ditata. 

Adapun tanggapan pula dari Wadek bidang 2 FKIS UTM, perlu adanya kerjasama Fasya dengan FKIS UTM terkait Pertukaran penguji skripsi bisa direncanakan, untuk meningkatkan kompetensi lulusan. Dan dilanjutkan tanggapan dari Ibu Dekan FKIS UTM, Rencana desain kurikulum MBKM harus support dan konsekuensinya bisa pertanggung jawabkan, begipu Ibu Dekan dalam sambutannya menyampaikan persetujuannya terkait Persoalan pendampingan redesain kurikulum HES diijinkan oleh Bu Dekan. MBKM riset bergabung dengan dosen peneliti sekaligus menyelesaikan luaran riset, dan hal ini harus diadakan seleksi, akhirnya mahasiswa bisa diupayakan lulus 7 semester.

Tidak terasa tiga jam pelaksanaan monev berlangsung. Di akhir kegiatan ditutup dengan foto bersama, tuker pemberian cinderamata dari Fasya ataupun FKIS, dan makan bersama.

Harapan besar dari kedua lembaga, bahwa kerjasama MBKM ini berlanjut hingga di semester berikutnya. Karena melalui MBKM ini, antara Fasya dan FKIS sebagai perguruan tinggi negeri bekerjasama dalam memperkuat program pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat, baik yang berorientasi pada dosen ataupun mahasiswa.